Rabu, 15 Oktober 2014

Si Menul Bakpao Labu Kuning

     
      Sebenarnya  ini postingan lama sih..aku punya blog di wordpress dengan nama yang sama, cuma beda 1 huruf dengan blog ini. Aku pertama bikin blog ya di wordpress, kok menurutku nyaman disini ya, atau emang aku yang katrok...huehuehue jadi aku pindahin disini aja. Rempong klo ngeblog di 2 tempat dengan tulisan2 yang sama..*halah

     Labu kuning. Ini kesukaaan Kaka jaman MPASI. rasanya  legit dan wanginya khas.  Kaka pasti habis banyak kalo makan ini, padahal ya cuman di kukus aja lho.  Selain buat campuran MPASI juga buat camilan.  Jadi, dulu jaman Kaka masih bayi sering nyetok si labu ini yang konon katanya makanan kesukaan Rasulullah. Kandungan beta karoten dalam labu kuning yg tinggi bermanfaat menjaga kesehatan mata dan kulit, memelihara kekebalan tubuh dan sistem reproduksi.   Selain itu, labu juga sebagai anti inflamasi & mencegah stroke, meningkatkan fungsi metabolisme, mencegah sembelit, mengurangi resiko hipertensi serta memperkuat tulang.  Nah tuh, banyak kan khasiatnya. Jadi, bagi yg kurang suka makan labu ini amat disayangkan yaaa...

    Oia malah aku pernah nanem di halaman depan rumahku yang seuprit lho. Maklumlah aku tinggal di perumahan yang kecil dengan luas tanah yg nyisa jg ga lebar2 amat.  Tanamannya menjalar dengan daun yang guede2, bunganya banyak banget tapi yg jadi cuma 3 buah aja. Wuuuiiih besar sekali buahnya dibagi2 buat tetangga dan teman2 kantor. Setelah panen,tanamannya dipangkas sama pak suami soalnya tanaman labu rimbun banget dan kebetulan dibawah labu ada tanaman markisa yg masih imut2.  Sebenarnya adanya tanaman labu ini bikin teduh kamar kami.  Tanaman itu tumbuh pas banget depan jendela kamar. 

    Aku sering banget bikin bakpao. seringnya bakpao ubi / labu kuning.  Bakpao labu kuning warnanya cantik sekali...kekuningan warna alami dari si labu. Untuk kelembutan tetep juara bakpao yg pake ubi. Untuk isian seringnya aku pake meisis atau DCC serut, hihi nyari yang praktis.  Kalau lagi niat banget aku bikin isian kacang ijo dan ayam.  Tapi kata ayah Kaka aneh klo diisi ayam. 

     Resep bakpao ini aku liat di sajian sedap ya..aku bikin yang mini2. Biar sekali hap.  Pernah bikin yg karakter ampuun deh pleyat pleyot dan warnanya luntur, gegara aku malas adonannnya diwarnain..jadi cuma aku coret2 pake pasta. Hebat euy klo bisa bikin yg karakter karena kudu telaten sekali.  besok2 deh klo mau nyoba bikin yg karakter.

    Haduh maaf ya teman fotonya cuma 1 doang. Niatnya mau nambahin ternyata memori card di hp eror..ilang semua foto2nya deh...kebetulan yg di wordpress emang 1 aja fotonya. Hiks.

BAKPAO LABU KUNING
by Sajian Sedap

Bahan :
- 300 gram tepung terigu protein rendah
- 100 gram labu kuning, dikukus, dihaluskan
- 1 1/2 sendok teh ragi instan
- 1/2 sendok teh baking powder
- 40 gram gula tepung
- 125 ml air es
- 20 gram mentega putih
- 1/2 sendok teh garam


Bahan Isi:
Coklat DCC/meisis

Cara Pengolahan :
1. Campur tepung terigu, labu kuning, ragi instan, baking powder, dan gula tepung. Aduk rata.  Tuang air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis.
2. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 25 gram. Bulatkan. Kempiskan. Beri isi. Bentuk bulat. Alasi kertas roti.
3. Diamkan 15 menit sampai mengembang.
4. Kukus 7 menit dengan api sedang. Jangan lupa tutup kukusan dbungkus serbet biar ga.netes uapnya.setelah dingin bisa ditaruh ditenpat tertutup agar tidak kering. Lebih nikmat disajikan dalam keadaan hangat.

Monggoooo didahar.....mesti ga cukup cuman makan 1...lagi...lagi dan lagiiiiiiii...Glek...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar