Minggu, 26 Oktober 2014

Puding Tape Panggang

Kuning kecoklatan ya hasilnya...

Minggu lalu diajak kelompok tani  plesiran ke Pangandaran, buat refreshing katanya. Daripada sutris mikir panenan padi karena banyak yg merosot hasilnya bahkan ada yang puso. Gegara serangan hama tikus dan wereng batang coklat. Sebagai penyuluh sih okey2 wae. Kali ini ga ngajak Kaka. Berangkat jam 10 malem, kok ya anak mama ngga mau bobo2, kaya tau mau ditinggal. giliran pas berangkat geger minta ikut. Duh, ga bisa sayang...ngga boleh bawa anak kecil. Lagian entar kamu kaya pas kita ke Bandung.  Kasihan malah sakit.

Disana bingung mau beli oleh2 apaan ya..paling beli kaos gitu. Pas makan siang mampir di rumah makan yang ada pusat oleh2nya.  Namanya lupa apaan, soalnya dah laper banget jadi ga merhatiin.  Ya wes daripada bingung ga beli tentengan aku beli peuyeum mentega sama ubi cilembu yang dah dioven.  Peuyeum nya warnanya menggoda. Kuning gitu khas singkong mentega. Capcus aku dah bilang minta 3 kilo, ternyata masih atos banget. yo aku kurangin jadi 2 kilo ajalah. Harga perkilonya  9 ribu. Kalau ubi cilembunya sama aja sih dikotaku ya 15 ribu. Aku beli 2 kilo juga, soalnya kaka suka banget sama si legit ini. Sayangnya, ngovennya kaya kurang lama deh soalnya belum keluar madunya. Dah empuk sih, tapi belum sampai tahap yang mbur2...duh apa bahasanya benyek gitu ya...klo dah benyek itu endang bingit.

Sesampai dirumah terpaksa si peuyeum diperam dulu biar matang.  Kaka juga suka tuh makan tape2an. Kalau beli di tukang sayur seplastik kecil bisa dimakan sendiri. Nah, sebagian peuyeumnya dah kukasihkan ART.  Masih banyak juga, daripada bosen dimakan gitu aja mari kita ubah jadi makanan laziz. Blogwalking, nemu postingan mba Hesti "Puding tape panggang" nya kok kayanya enak dan lembut. Lagian aku emang belum pernah bikin camilan ini. Kayanya mudah tinggal campur2 aja trus dioven.  Tak perlu ngeluarin mikser.

Minggu2 gini kayanya cucok bikin puding. Ngecek semua bahan ada stok dirumah. Kaka juga kebetulan dah bobo siang dan ayah sibuk sama montir di garasi utak atik si Starlet yang lagi ngambek. Uplek di dapur sendirian. Nah loh kok adonan encer banget yak. Hopeless jangan2 tadi lupa ngasih tepungnya kurang. Adonan dah dituang di loyang dan siap di panggang. elaaah ini puding ngga set2 permukaannya. Terutama bagian tengah masih cair mulu, mungkin ada 50 menit aku panggang. Aku pindah2 ke rak bawah sama nomer 2. Dasar amatiran nih aku. Setelah agak set, aku olesin kuning telur dan ditaburin keju parut sama kismis. Udah kecoklatan gitu aku angkat aja takut gosyoong. Pas banget selesai manggang, Kaka bangun tidur...langsung minta icip2.

Hmmm...punya ku ko lembek banget ya dan manis pool..jadi kenyang banget makan puding ini. Mungkin lain kali takaran gulanya dikurangin. Segera setelah dingin, pudingnya aku masukin kulkas.  Berharap lebih set lagi jadi mudah dipotong. Kaka tiap waktu buka tutup kulkas ternyata dia nyomotin kismisnya. Hadeeewww

Fotonya nggak maksimal


Puding Tape Panggang
by Hesti's Kitchen

Bahan :
Tape singkong 250 gr
Gula pasir 220 gr
Santan 625 ml
Tepung terigu 10 sendok (agak munjung)
Telur 3 butir
Margarin 100 gr, lelehkan
susu bubuk 3 sdm
vanili 1/2 sdt

Olesan
2 kuning telur kocok untuk olesan
Keju parut
Kismis

Cara :
Remas2 tape singkong dan gula sampai lembut, masukkan telur dan margarin, aduk rata menggunakan whisk
Masukkan terigu, susu, vanili aduk hingga rata. Kemudian masukkan santan, aduk sapai rata
Tuang ke dalam loyang yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti
Panggang dengan suhu 180C selama 30 menit atau sudah set. Keluarkan. Olesi kutel, taburi keju parut dan kismis
Panggang lagi sampai matang  sekitar 15 menit

Keliatan lembuuuut banget ya?

Sore tadi kedatangan mbahnya Kaka. Teringat dikulkas ada puding segera aku potong2 deh si puding ini. Wooow, nampak sudah set...lebih mudah dipotong dan lembuuuuuuuuuut banget. Makasih mba Hesti buat resepnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar