Rabu, 25 Juni 2014

Ongol-Ongol yang Menawan Hati

Yuhuu....ini dia si kenyal kenyul ongol ongol..menarik sekali yah penampilan si kue tradisional ini. Ongol ongol ini terbuat dari pati irut/garut/arrowroot. tepung ini biasanya dipake buat orang yang sakit maag, dibuat bubur gitu. Biasa ditemuin di pasar tradisional dan apotik lho. Aku dah lama punya stok pati irut ini. dulu, beli di Hari Pangan Sedunia di Banjarnegara. Yang jualan dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiraja. Niatnya beli ini mau dibikin cookies buat Kaka, tapi kok ya nunggu momen bikin cookies ko belom ada ya..akhirnya teronggok di wadah tepung di rak. Beberapa bulan yang lalu pernah dibuat untuk bikin brownies, tapi rasanya kok kurang gimana gitu. Lebih enak yang dari tepung mocaf sih.
aku punya 2 bungkus pati irut @ 250 gram. Kebetulan ART punya masalah dengan maag, akhirnya aku kasihin ke dia sebungkus. Baru2 ini ayahnya Kaka mengeluh perih perutnya. Diisi salah, ga diisi apalagi. Teringat masih punya stok pati irut pengen bikinin ayah Kaka bubur. Niate sih mau dibikin kaya bikin bubur sumsum. Eh lhaaaa pas lagi ngintip blognya mba Diah Didi kok pas postingan bubur pati irut. Bak dicinta ulam tiba, Ya wis segera eksekusi. Hasilnya enaak banget langsung tandas. Nah, nemu juga olahan pati irut lainnya si ongol2 ini.
Nih resepnya dari mba Diah Didi ya

Bahan 1 :
 - 150 gr pati irut, ayak
 - 100 ml air
 campur pati irut dengan air hingga larut

Bahan 2 :
- 125 gr gula aren/gula merah
- 400 ml air
- 2 lembar daun pandan
masak air, gula dan daun pandan hingga gula larut & saring
* aku tambahin garam 1/2 sdt biar gurih

Bahan 3 :
Kelapa parut secukupnya & sedikit garam aduk rata dan kukus untuk lapisan

Didihkan kembali air gula masukkan larutan pati irut lalu masak sambil diaduk hingga menjadi adonan yg kental dan bening.aduk terus dengan api kecil hingga adonan bening dan halus. lalu tuang ke dalam loyang yg dialasi plastik dan padatkan. biarkan hingga dingin kemudian baru bisa dipotong2. Saat memotong pisanya dibungkus plastik agar hasilnya rapih. Gulingkan ke dalam parutan kelapa dan siap disajikan. Pas bikin ini adonanku kental sekali jadi aku tambahin air sedikit. Trus pas nuangin ke dalam loyang & madatinnya agak rempong yah. Ga bisa rapih gitu, tapi soal rasa enak kooo..Kaka langsung abis 2 biji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar