Kamis, 26 Juni 2014

Dadar Gulung


Dadar gulung salah satu jajanan favorit ayah Kaka. Rasa kulitnya yang seidkit gurih berpadu dengan isian unti kelapa yang manis. Sebenarnya sudah lama bikin dadar gulung ini, tapi baru dishare sekarang.  Bikin dadar gulung ini sebenarnya nggak terlalu sulit, tapi bagi pemula macam aku ini cukup repot saat bikin kulit dadarnya.  Api harus kecil dan wajan teflonnya harus diputar dengan cepat agar adonanny bisa tipis.  Seiring berjalannya waktu kalo sering bikin pasti lihai lah.


Niatnya mau bikin darlung yang model rose. Banyak sekali yg posting tentang darlung rose di grup memasak. Sempat happening banget si  rose.  Maklum karena amatiran kok ya ribet banget dan hasil enggak banget bentuknya deh. Yaudah bikin bentuk konvensional aja lah...yang konvensional juga bikin kemringet biar rapi jali bungkusnya.

Aku pake resepnya Ikha Momsx Nindy di Grup Dapu Aisyah. Yang bikin simpel resepnya ga perlu nimbang.  ini solusi bagi yang ga punya timbangan.

BAhan Kulit :
2 gelas belimbing tepung terigu (aku pake segitiga biru)
300 ml santan (aku pake air biasa)
2 butir telur
sejumput garam
Vanili bubu secukupnya

Unti :
1/2 butir kelapaparut
Gula merah sisir secukupnya
Daun pandan
Sedikit air untuk melarutkan gula merah

Cara :
1. Unti : masak semua bahan, aduk sampai agak kering
2. kocok telur sebentar, tuang kedalam adonan tepung, diaduk sampai rata. kemudian masukkan santan, garam, dan  vanili. aduk kembali & saring adonan agar tidak ada yg bergerindil
3. Bagi adonan menjadi 2 beri warna hijau dan merah
4. Panaskan teflon yang telah dioles sedikit minyak
5. dadar adonan kulit sampai habis, dengan cara ambil sesendok sayur adonan kemudian dadar dan teflon diputar dengan cepat agar adonan kulit merata
6. setelah itu ambil kulit dadar dan dikasih isian unti 1-2 sdm dan bungkus dengan rapi.
Cukup mudah bukan?Nyam.. nyam...tanpa sadar dah abis banyak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar