Sabtu, 24 Februari 2018

PEPES TAHU JAMUR



Para mamak2 harus pintar2 mengatur menu untuk keluarga agar tidak bosan dan budget pas sampai akhir bulan.. Itu kalo aku sih. Hehehe. Kaka itu favorit banget makan daging2an. Jadi kalo menunya itu cepet banget makannya bahkan bisa nambah. Kadang dicemil juga. Hadeuh.. selain ga bagus untuk kesehatan badan juga ga bagus untuk kesehatan dompet..hihihi bisa jebol ga sampe akhir bulan. Jadi perlu kreasi2 kalo lauknya tahu tempe. Kalo fadil masih lahap aja kalo tahu ato tempe.
Pas lauk pehu (tempe tahu) bisa makannya lama banget..jadi mama harus memberi pijakan kalo tempe tahu juga enak dan bergizi. Dijelasin manfaat2nya. Jurus terakhir adalah mengajak kaka bersyukur bahwa hari ini kita bisa makan, ga kelaparan karena diluar sana ada orang yg mau makan aja sulit karena tidak punya uang buat membeli makan. Boro2 makan sama ayam goreng, buat beli nasi sama tempe juga ga ada. Biasanya si jadi ga protes lagi.
Kaka aku lihat emang perasaannya lembut. Pas kapan itu dia nonton tivi sendirian, yg ditonton kok ya pas sama yg aku bilang..sukses bikin dia termehek2. Berlinang air mata. Setelah ditanyain kenapa, dia jawab kalo kasian ada kakak adek yg adeknya secara fisik tidak sempurna kelaperan ga bisa makan karena ga punya uang. Adeknya bilang...lapar mas..adek mau makan sama tempe. Aku bilang,  coba bayangkan jika kaka seperti mereka..mau makan ga ada yg dimakan, perut sudah sakit..apa yg kamu rasakan? Dijawabnya ya sedih nangis karena ga bisa makan. Blablabla. Closingnya, makanya yuuk kita qonaah dengan makanan yg tersedia dan tak lupa bersyukur sama Allah atas rejeki yang telah diberikan.

Tahu..hemmm biar ga berwujud utuh tahu perlu dikreasikan menjadi bentuk lain. Di kulkas ada jamur tiram dan sosis. Aha...dibikin pepes aja lah...daun sisa bikin carang gesing masih. Tak lama mama uprek di dapur bikin untuk lauk hari ini.

Resep Pepes Jamur

6 buah tahu putih
6 lembar jamu tiram.yg lebar
1 buah sosis ayam
1 buah bawang daun
1/2 bagian wortel 
2 siung bawang putih
Secukupnya lada bubuk
3 buah kemiri
Secukupnya gula
Secukupnya garam
Secukupnya kaldu jamur
1 butir telur
Daun pisang untuk membungkus

Cara :
1. Bawang putih, kemiri dan lada dihaluskan
2. Tahu dihaluskan
3. Wortel diserut dengan parutan keju
4. Jamur tiram diiris-iris atau disuwir
5. Sosis ayam dipotong kecil2
6. Bawang daun dirajang halus
6. Campur tahu, sosis, jamur, wortel, bawang daun dan bumbu halus, gulgar serta kaldu jamur
8. Aduk rata dan tes rasa
9. Jika rasa sudah  pas tambahkan telur kemudian aduk rata
10. Siapkan daun pisang, beri adonan kemudian bungkus dengan cara ditum
11. Kukus selama 30 menit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar